Selasa, 16 September 2008

"Tarian Ngalu Kombank Buah"

Salah satu persiapan Bedayong untuk mengikuti Gawai Dayak VI Yogyakarta adalah lomba tarian dan musik. Kali ini Bedayong mengusung konsep tarian dan musik yang lebih berbeda dari konsep tahun sebelumnya. Adapun tema tarian adalah Pelestarian Alam dengan judul tarian "Ngalu Kombank Buah" atau tarian menyambut akan berbuahnya berbagai macam buah-buahan di tembawang dalam upacara adat Nyambut Kombank Buah . Ritual Nyambut Kombank buah ini biasanya dilaksanakan oleh masyarakat adat Dayak asal Kabupaten Ketapang yaitu Dayak Kayong, Dayak Laor, Gorai dan sebagainya. Upacara ini merupakan bentuk doa kepada Duata agar bunga buah/kombank menjadi buah yang baik dan berlimpah. Selain itu juga meminta kepada Duata agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Rangkaian tarian ini dimulai dengan tarian dua orang pria lalu diikuti tujuh orang penari cewek.
Tarian Ngalu Kombank Buah ini diiringi dengan musik Senggayong yang dikolaborasikan dengan musik Kanjan. Musik Senggayong adalah alat musik Khas Dayak Ketapang yang terbuat dari potongan-potongan bambu. Sedangkan kanjan adalah musik suka-ria dayak Laor.
Anda tertarik?, tunggu saja tanggal mainnya....oke. (Drws)

1 komentar:

  1. oiii, mohon dukungan nya dalam garapan tari n musik untuk festival gawai dayak yogja kali ini.
    aku juga tidak bisa maksimal tanpa dukungan dari kalian.
    ni merupakan garapan tari tradisi yang pertama kali, mungkin agak jauh berbeda dengan tari2an tradisi kite yang ada disane.
    jadi kite same same lah tanggung jawab dengan komitmen kite untuk menang dalam festival kali ini.
    berjuang untuk bedayong
    berjuang buat nama kota asal kita
    HIDUP BEDAYONG !!!
    jIA you !!

    BalasHapus